Pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) di SMK Islam Mbah Bolong Tahun 2023

 

Asesmen Nasional adalah Program evaluasi yang diselenggarakan oleh Kemendikbud untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan memotret input, proses, dan output pembelajaran di seluruh satuan pendidikan. Asesman nasional dilaksanakan dengan  3 (tiga) instrumen yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) yang mengukur literasi membaca dan literasi matematika (numerasi) murid, Survei Karakter yang mengukur sikap, nilai, keyakinan, dan kebiasaan yang mencerminkan karakter murid, dan Survei Lingkungan Belajar yang mengukur kualitas berbagai aspek input dan proses belajar-mengajar di kelas maupun di tingkat satuan pendidikan.


Pelaksanaan ANBK di SMK Islam Mbah Bolongberlangsung selama dua hari yaitu, tanggal 28-29 Agustus 2023. Kegiatan ini diikuti oleh siswa Kelas XI sebanyak 45 siswa dan 5 siswa sebagai siswa cadangan. Pelaksanaan ANBK dilakukan secara semi online dengan menggunakan 1 ruangan yaitu Lab SMK. Ujian dimulai pukul 7.30 – 16.30 WIB dan di setiap ruangan diisi oleh satu pengawas, satu proktor dan satu teknisi. Kepengawasan untuk pelaksanaan ANBK dilakukan secara silang antar satuan Pendidikan dan pengawas dalam ujian ini berasal dari SMK Pendidikan, SMK NU Jogoroto dan SMK Muhammadiyah Jogoroto.

Pelaksanaan ANBK juga dihadiri pengawas dari Dinas wilayah kabupaten jombang yaitu Bapak Sjamsul Hudha, S.Pd. , MT. Pelaksanaan ANBK  dengan sistem semi online ini berjalan baik karena didukungnya sarana dan prasarana yang telah disiapkan sebelumnya. Serta kerjasama dan partisipasi siswa kelas XI yang mengikuti kegitaan ini dengan tertib.





Posting Komentar

0 Komentar

Slider Parnert

Subscribe Text

Penerimaan Peserta Didik Baru (ppdb)